Thursday, October 13, 2011

All of Everything

Di dunia ini, banyak sekali hal yang kita perlu pelajari. Kadangkala, yang menjadi masalah bukanlah bagaimana mempelajari hal tersebut, tetapi justru untuk pertama kali mengetahui apa saja yang perlu dipelajari...

Menurut saya pribadi, keseluruhan hal di dunia ini dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
- Mengenai manusia itu sendiri : mencakup pikiran manusia, sistem biologis manusia, dll
- Mengenai hubungan antar manusia : mencakup ilmu-ilmu sosial, politik, hukum, ekonomi, dll
- Mengenai non-manusia alias alam : mengenai science (ilmu alam), engineering (membuat sesuatu yang baru berdasarkan prinsip-prinsip alam), dll

Keseluruhan profesi atau pekerjaan yang ada di dunia ini dapat kita masukkan ke salah satu dari ketiga bagian utama tersebut. Contoh :
Profesi dokter, psikolog, ahli terapis, merupakan profesi yang mempelajari mengenai manusia, baik dari sisi badaniah maupun jasmaniah.
Profesi ahli hukum, sosialis, marketing, merupakan profesi yang mempelajari atau mendalami mengenai hubungan antar manusia.
Profesi sebagai ahli teknik/engineer, scientist, ahli agama, merupakan profesi yang mempelajari mengenai hukum/prinsip alam.

Apakah manfaat dari mengetahui klasifikasi 3 bagian utama ini ? Dengan mengetahui ini, maka anda akan lebih mengerti sebenarnya ilmu apa yang anda tekuni/pelajari, dan ilmu apa yang masih perlu dipelajari.

No comments:

Post a Comment